Oleh : Bishop Dikson Panjaitan,STh,M.Div
Medan,Kristianinews.com – Wacana memasangkan Prabowo dan Ganjar kian kencang entah siapa yang duluan menghembuskan isu ini, dan seperti ketua DPP PDI Perjuangan yang juga sebagai ketua DPR RI Puan Maharani seolah mengamini bahwa wacana ini bisa saja terjadi melihat bagaimana dinamika politiknya kedepan ini, banyak para pakar yang memprediksi bahwa ini sangat tidak mungkin alias mustahil namun banyak juga yg mengatakan bahwa ini sangat baik kedepan karena kekuatan jadi ngumpul semua disini. Banyak analisa apa yang akan terjadi dalam peta politik kedepan apabila kedua orang ini dipasangkan Prabowo – Ganjar atau sebaliknya Ganjar – Prabowo, melihat dari fenomena politik saat ini yang penuh dengan intrik, penuh dengan produk hoaks dan pendapat-pendapat yang liar dari para sekedar komentator maupun pengamat politik sepertinya memang sulit. Apa yang akan terjadi kalau ini terjadi?
Sangat mungkin para pendukung Nasionalis Ganjar dan Prabowo akan bereaksi karena ada sekelompok besar pendukung kedua tokoh ini melihat hanya dari sisi nasionalismenya dan jaminan keamanan dan program kedepannya seperti apa tanpa mempersoalkan siapa dan bagaimana rekam jejak kedua tokoh ini, ibaratnya kedua tokoh ini sama-sama pernah terlibat dalam pemerintahan dan menorehkan sejarah di negara ini. Lalu apa yang terjadi kalo pendukung yang bukan fanatik tapi hanya sekedar menyukai ini melebur? Bagaimana keduanya bisa sama-sama sejalan sementara mereka punya program sendiri-sendiri punya prestasi yang berbeda dimasa yang berbeda pula? Memang Prabowo banyak menangnya dari sisi kekuatan struktur karena ketua partai sedangkan Ganjar lebih kepada massa figur, yaitu massa yang menghendaki Ganjar sebagai presiden tapi sudah muak dengan partainya, itu yang menjadi pembeda dengan Prabowo. Ini akan berpengaruh nanti dalam kinerja karena Prabowo akan merasa lebih punya kans dan dukungan daripada Ganjar.

Apa kemungkinan kalo keduanya ini dipasangkan?
Hal terburuk diantara yang kurang baik ini, maka para pendukung dan Fans Ganjar yang tidak lagi dapat mengharapkan sesuatu yang lebih dari Ganjar akan menarik dukungan, bahkan khususnya umat kristiani dijakarta sangat mungkin dan cepat beralih dukungan ke Anies. Kenapa bisa? Karena secara hitung-hitungannya Anies juga sangat berjasa sewaktu menjadi Gubernur DKI Jakarta banyak mengeluarkan ijin gereja dan mengucurkan dana BOTI (Bantuan Operasional Tempat Ibadah) ke Gereja-gereja di DKI Jakarta. Inilah konsekuensi logis sekiranya Prabowo dipasangkan dengan Ganjar, kecuali sebaliknya GANJAR – PRABOWO ini tentu akan mendatangkan spirit baru dan membawa harapan masa depan bagi bangsa ini. Tapi namanya politik siapa yang tau.

Loading

No comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *