Jakarta – kristianinews.com, Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), Gomar Gultom menginstruksikan gereja-gereja di seluruh Indonesia bisa dialih fungsikan menjadi ruang-ruang isolasi mandiri bagi masyarakat yang positif virus corona (Covid 19).

Hal itu dikatakan Gomar saat berdialog secara virtual dengan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, mengenai penanganan Covid-19, pada dua bulan lalu.

“Kami mendorong gereja-gereja untuk mengubah seluruh fasilitas gereja berupa mes dan guest house untuk ditransformasikan sebagai ruang-ruang isolasi mandiri,” kata Gomar dalam keterangan resmi yang dikeluarkan Kemenko Polhukam, Kamis (28/7).
Usulan itu dilakukan PGI mengingat minimnya tempat untuk melakukan isolasi atau karantina bagi para pasien Covid-19 selama ini di Indonesia.

Meski demikian, Gomar meminta kepada pemerintah memastikan ada pusat kesehatan yang bisa berkoordinasi dengan tempat isolasi mandiri tersebut. Kepastian tersebut, kata dia, sangat penting bila terjadi keadaan darurat dan tetap bisa tertangani dengan baik.
Gomar juga menekankan bahwa PGI dengan seluruh gereja-gereja di Indonesia mendukung pemerintah menanggulangi pandemi covid 19.
“Pertama masalah kesehatan/penanggulangan virusnya, kedua ikut dalam mencerdaskan masyarakat untuk lebih paham dengan situasi terkini, beberapa gereja juga ikut ambil bagian dalam menyelesaikan masalah ekonomi,” kata dia.

Di tempat yang sama, Sekretaris umum PGI, Jacky Manuputty mengusulkan kepada pemerintah agar menggalang gerakan solidaritas kemanusiaan. Program itu bisa melibatkan tokoh lintas agama dengan pemerintah menanggulangi pandemi covid 19.“Mungkin bisa di-sounding secara simbolis dengan pemuka-pemuka agama,” usul Jacky.

Ia juga menegaskan, PGI telah ikut andil membantu pemerintah menggalang tenaga dan kekuatan dalam menangani Covid-19. Bahkan, Jacky menyebut beberapa gereja di Jakarta dan Sulawesi Selatan sudah dialihfungsikan sebagai tempat isolasi mandiri. “Dengan tenaga kesehatan yang digalang dari sumber daya yang ada dan bekerjasama dengan satgas,” tambah Jacky.berita ini sudah pernah terbit di diakonia.id diterbitkan kembali sebagai bahan perenungan bagi pembaca Budiman.*df/kn

Loading

No comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *