Masyarakat KDT Menanti, PT TPL Apakah Ditutup Secara Permanen atau Akan Tetap Beroperasi

Masyarakat KDT Menanti, PT TPL Apakah Ditutup Secara Permanen atau Akan Tetap Beroperasi Gerak Tutup TPL

kristianinews.com-Sumut, Pasca pertemuan Tim 11 Ajak Tutup TPL, yang diwakili Togu Simorangkir dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jumat (06/08/2021) lalu, masyarakat Kawasan Danau Toba menanti keputusan Presiden apakah PT Toba Pulp Lestari (TPL) Tbk. ditutup secara permanen atau akan tetap beroperasi, Hal ini diungkapkan Ketua Lembaga Jendela Toba, Pemerhati Lingkungan Hidup serta Pembangunan dan Pariwisata di Kawasan Danau Toba (KDT), Mangaliat Simarmata kepada Sumut.WahanaNews.co Minggu, (15/08/2021).

Magaliat mengatakan, jauh-jauh hari dan sampai kini sudah banyak orang/pihak lembaga, ormas, komunitas, dll, menyampaikan kepada Pemerintah/Negara dan publik tetang kehancuran ekosistim di KDT yang salah satu kerusakan ekosistim itu diakibatkan PT TPL.

“Secara pribadi saya sudah pernahmengkategorikan ada upaya penghancuran KDT-Tanah Leluhur Bangso Batak secara sistematis dari berbagai aspek dan sektor. Eeehhh,,, sempatlah awak simpan penilaian ini dengantelah ditetapkan negara KDT sebagai kawasan strategis nasional, sebagai destinasi pariwisata yang bertaraf internasional, Geopark Kaldera Toba (GKT) ditetapkan UNESCO sebagai geopark internaional/dunia, sebagai lumbung pangan, taman herbal, dan banyak aspek lainnya dalam menjaga keseimbangan alam KDT dan danau Tobanya,” kata Mangaliat.

Menurutnya, pemerintah pusat sangat jelas telah begitu serius membangun KDT dengan berbagai proyek pembangunan baik itu fisik dan non fisik.*df/kn

Loading

No comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *