PADANG-KRISTIANINEWS.COM
1 September 2023
Belasan jemaat Gereja Bethel Indonesia (GBI) Solagracia di Lubuk Begalung, Padang, Sumatera Barat, diintimidasi, diancam, dan dibubarkan saat mengadakan kebaktian di sebuah rumah kontrakan pada Selasa (29/8).


Jendela rumah yang di hancuri pelaku
Juni Anton Zai, 26, telah melaporkan kasus ini ke kepolisian. Adapun Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI) turut mendesak polisi memroses hukum pelaku.

Akan tetapi, polisi menyebut peristiwa itu “hanya kesalahpahaman” terkait “etika bertetangga”, lalu memulangkan pelaku karena “mengidap gangguan jiwa”. Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sumatra Barat juga berpandangan senada dan mendorong penyelesaian “dengan kearifan lokal”.

Direktur Eksekutif Setara Institute, Halili Hasan, menilai respons aparat dan FKUB telah “mengabaikan” keadilan bagi korban yang telah dilanggar haknya untuk bebas beribadah.

“Yang paling bahaya, kalau penegakan hukum tidak terjadi, berarti ada pengabaian. Peristiwa ini pasti akan terulang kalau tidak ada penegakan hukum yang adil,” kata Halili kepada wartawan, Kamis (31/8). Akhir dari
Kejadian ini juga menambah catatan buruk kasus-kasus intoleransi di Kota Padang, yang merupakan kota paling intoleran ketiga di Indonesia berdasarkan laporan Setara Institute pada 2022.df/kn

Loading

No comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *