Gereja Metodis Victoria di Bradford, Inggris bakal diubah jadi masjid oleh komunitas Muslim setempat. Foto: Bradford Council

Kristianinews.com,Bradford – Sebuah gereja Metodis Victoria di Bradford, Inggris bakal diubah menjadi masjid. Gereja yang berusia 150 tahun ini telah terbengkalai sejak 2020 lalu.
Jumat (29/9/2023), anggota dewan Hazel Johnson mengatakan, bangunan di Chapel Lane ini sebelumnya telah disetujui untuk diubah menjadi tiga rumah dengan dua tempat tidur, namun tidak pernah terlaksana. Setelah itu, komunitas Muslim setempat membeli gereja ini dan akan merenovasinya menjadi masjid sesegera mungkin.

Johnson yang juga mewakili Distrik Queensbury mengatakan, renovasi tempat ibadah tersebut tidak memerlukan izin perencanaan karena penggunaannya tidak berubah, yakni tetap sebagai tempat ibadah. Johnson menyebut ini merupakan hal “luar biasa” bagi Queensbury dan komunitas Muslim setempat sangat membutuhkan masjid.
Rencana renovasi tersebut, kata Johnson, mendapat reaksi positif dari masyarakat meski ia mengakui “dibanjiri” kekhawatiran mengenai area parkir dan lalu lintas, terutama pada hari Jumat. Mengingat, pada hari tersebut umat Islam melaksanakan salat Jumat.

Johnson juga mengatakan, pemilik baru gedung telah memastikan salat Jumat akan selalu selesai sebelum jam pulang sekolah berakhir.

Gereja Metodis Victoria sendiri telah menjadi bagian penting dari komunitas Clayton Height selama hampir 150 tahun. Gereja ini dibangun pada 1870 dan tak lagi digunakan sejak 2020 lalu.

Pada 2010, Dewan Bradford memberikan pendanaan untuk renovasi gedung ini senilai 125.000 Euro atau sekitar Rp 2 miliar (kurs Rp 16.399), lapor Telegraph & Argus. Program pembangunan gereja tersebut tetap mempertahankan karakter aslinya.

Pada 2020 lalu, Bradford South Methodist Circuit menutup gereja tersebut. Hingga Oktober 2022, banyak peralatan, termasuk bagian-bagian gereja dan bangku Sekolah Minggu masih berada dalam gedung.df/kn

Dagga…Fuang ussok!!!…massam mana ini..gereja dijual jadi masjid…nga maup be bah…!!!

Loading

No comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *