KRISTIANINEWS.COM-MEDAN; Deklarasi dan Pelantikan DPW MUKNAS Sumut berlangsung pada Sabtu, 10 Juni 2023 di Hotel Pardede Internasional Jln Ir.H.Juanda Medan.

Acara dimulai dengan Ibadah Syukur, yang menghadirkan pembicara Ev Johny Pardede, dengan Topik Kebersamaan dan kesatuan Roh sesuai dengan Tagline MUKNAS “One Spirit One Hope” Satu Roh dan satu Harapan.

Setelah Ibadah mengucap syukur acara dilanjutkan dengan Upacara Nasional
Menyanyikan Lagu Indonesia Raya yang dipandu dirgen Merdina Situmorang,STh,MTh yang juga sebagai Bendahara Umum Pusat MUKNAS, mengheningkan Cipta dipimpin oleh Bishop Dikson Panjaitan sebagai Ketua Pendiri MUKNAS, disusul dengan pembacaan Teks Pancasila yang dibawakan dr. Maruba Sinaga, SH,MH.

Setelah Upacara Nasional , acara Deklarasi dibuka oleh Bishop Dikson Panjaitan dan sesudahnya acara dilanjutkan dengan Orasi Kebangsaan yang dibawakan Bishop Dikson Panjaitan.

Dalam Orasi kebangsaan Bishop Dikson menyampaikan bahwa rasa nasionalisme yang semakin menurun dan mengalami degradasi ditengah Bangsa ini khususnya diantara para pemuda kita, Rasa dan Jiwa kebangsaan ini harus dikembangkan melalui pendidikan sejarah dan politik yang baik. Bishop juga menyinggung Peran Umat Kristen dalam membangun NKRI. Bahkan bishop mengingatkan pentingnya mempersiapkan generasi muda untuk kelangsungan pembangunan bangsa. Banyak ormas kristen saat ini yang hanya berdiam melihat carut marut tumbuhnya radikalisme dan sikap intoleransi diantara anak bangsa. Bishop mengatakan bahwa tumbuhnya intoleransi bukanlah karena semakin banyaknya orang yang radikal ditengah-tengah bangsa ini, namun semua itu terjadi karena kurangnya nilai-nilai kebersamaan dan kepedulian diantara kita walau kita dibilang minoritas. Dalam Orasi Kebangsaan ini, Bishop Dikson Panjaitan, S.Th.M.Div mengatakan pentingnya kepedulian dan kebersamaan diantara umat Kristen, Muknas hadir untuk memberi jawaban, Muknas juga hadir mengisi kekosongan dalam melayani umat didalam bidang-bidang yang tidak terjangkau oleh Gereja masa kini. Percayalah dengan persatuan dan kesatuan Roh kita memiliki setitik Harapan bagi Negeri ini katanya menggetarkan setiap hati para hadirin.

Pelantikan DPW Sumut ini berlangsung dengan dengan meriah dengan komposisi pengurus sebagai berikut:
Dewan Pengurus wilayah Provinsi Sumut Ketua: Pdt Dr.(c) Wahyuan Situmorang,SS,M,Min,MTh, Sekretaris: Pdt Robin Barus,Spd, Bendahara: Pdt Daniel Sinaga STh
Ketua Bidang Muknas Wilayah Sumut :
Ketua Bid Penginjilan:Pdt Syarif Sabar Habean, Ketua Bid Organisasi & Kaderisasi: Pdt Sumarno Napitupulu, Ketua Bid Pendidikan &Pelatihan: Pdt Posman Aritonang,MTh, Ketua Bid KUMHAM & Politik : Pdt J Nainggolan,MTh, Ketua Bid Finansial Ekonomi & koperasi:Pdt Lyndis Siringoringo, Ketua Bid Perempuan dan Anak:Pdt Ida Royani Sirait, Ketua Bid Kesejahteraan &Sosial: Pdt Parlin Purba,SH,MH, Ketua Bid Lingkungan Hidup & Kesehatan:Pdt. dr. Maruba Sinaga,SH,MH, Ketua Bid Pemuda & olahraga: Pdt Pance Aritonang, Ketua Bid Humas dan Infokom: Felix Andika Panjaitan, Ketua Bid UMKM :
Pdt Jonny Nasution & Pdt Samsul Simamora STh, Ketua Bid Hubungan Antar Lembaga:Pdt Arfan Padang, Ketua Bid Profesi & Kependetaan :
Pdt Sandianus Gea,STh. Pelantikan ini juga dihadiri beberapa pimpinan Sinode dalam acara ini. Salah seorang utusan Ketua Sinode Bishop E.J Hutahaean,SH.MMin, menyampaikan dalam sambutannya masih terjadi kasus pelarangan beribadah di sumut dan itu menjadi tanggungjawab DPW MUKNAS Sumut dan DPD lainnya untuk membantu pemerintah dalam menuntaskannya. Pdt E.J Hutahaean juga mengarahkan para pengurus yang baru dilantik agar mengimplementasikan tujuan berdirinya MUKNAS yaitu memperjuangkan tegaknya Kebenaran dan Keadilan yang berlandaskan Kasih, secara khusus di Sumut ini.

Ketua DPW MUKNAS Pdt. Dr (c) Wahyuan Situmorang,MTh,M.Div didampingi oleh Sekretaris Pdt Roby Barus,SPd dan Bendahara Pdt. Daniel Sinaga S.Th dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada pengurus yang dilantik kamu akan melaksanakan tugas kami seperti apa yang diaturkan dalam program nasional dan dikolaborasikan sesuai dengan kebutuhan umat kristen didaerah ini ujarnya.

Hadir dalam acara ini, mewakili beberapa ormas, ketua Sinode, ketua Solidaritas kebangsaan Dody Lukas,STh,MM, Ketua API Kota Medan Pdt Pahotan Sihombing,STh, Pdt Joni Seragih,MTh ketua Sinode Gereja Harvest juga Ketua PGPI-P Sumut juga para pendeta dan undangan lainnya. (DF/KN)

Loading

No comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *