Penyaliban Yesus merupakan salah satu peristiwa bersejarah dalam hidup umat manusia saat itu. Selain karena Yesus merupakan anak Allah, ada juga beberapa hal ajaib yang terjadi.

Berikut beberapa hal ajaib yang terjadi saat Yesus berada di kayu salib sebagaimana dituliskan dalam injil karangan Matius, Markus dan Lukas.

1. Penjahat yang Bertobat
Peristiwa yang pertama adalah terjadinya pertobatan seorang penjahat. Hal ini dijelaskan pada Injil Lukas 23: 40-42. Kejadian itu melibatkan dua orang yang disalibkan bersama Yesus.
Dalam kutipan tersebut dinyatakan bahwa Tuhan Yesus telah disalibkan bersamaan dengan dua orang, yakni pada sebelah kanan dan kiri Yesus.

Salah satu orang yang disalib tersebut memohon agar Yesus selalu mengingatnya ketika Dia kembali lagi menjadi seorang Raja.

Untuk menjawab hal ini, Yesus menjanjikan sebuah Firdaus kepada orang tersebut. Firdaus tersebut adalah sebutan surga dan itu telah tertulis dalam surat Lukas 23:43.

Dari kejadian tersebut bisa dikatakan adalah salah satu keajaiban Yesus pada saat disalib pada kayu salib yang pernah dicatatkan dalam Alkitab.

Pada saat itu, banyak orang yang mengolok-olok Yesus.Termasuk orang-orang yang telah disalib tersebut. Akan tetapi, penjahatini tahu bahwa Yesus disalib bukan karena kejahatannya ataupun dosanya.

2. Terjadi kegelapan total
Pada saat Yesus disalib, ada sebuah peristiwa ajaib yang terjadi kembali, yakni tiba-tiba langit menjadi sangat gelap. Bahkan tidak nampak matahari sama sekali.

Hal tersebut telah diperjelas dalam Injil Lukas yang berbunyi, “Hari itu sekitar jam jam dua belas, kemudian kegelapan menaungi semua daerah tersebut sampai jam tiga. Dikarenakan matahari tidak dapat bersinar”.

Keajaiban tersebut sangat mencolok karena terjadi pada beberapa wilayah di sekitar Yesus disalib. Di dalam Alkitab juga tertulis bahwa Yesus mulai disalib sekitar pagi hari hingga sore hari.

Pada saat penyaliban tersebut, tiba-tiba langit menjadi gelap dan matahari tidak dapat menampakan dirinya. Hal tersebut menunjukan bahwaperistiwa ajaib tersebut bisa terjadi karena campur tangan Sang Ilahi.

3. Tirai Bait Suci Terkoyak
Keajaiban yang terakhir adalah tirai bait Allah yang telah terkoyak. Bagi kaum imam Yahudi. Peristiwa tersebut sangat menakutkan karena tirai bait merupakan benda yang sangat penting untuk mereka.

Hal tersebut telah tercantum pada Matius 27:51 yang berbunyi “Tabir Bait Suci telah terbelah menjadi dua dari bagian atas ke bawah”. Tak pelak hal tersebut membuat para imam menjadi ketakutan.

Berdasarkan pengkhotbah besar yang berasal dari Inggris, Charles Spurgeon menduga beberapa imam besar Yahudi sangat takut dengan peristiwa tersebut.

Hal itu bisa terjadi karena Tirai bait sangatlah tebal dan juga sebagai simbol pemisah antara manusia dengan Allah.

Semantara itu, ahli Alktab yang bernama Matthew Henry menulis pendapatnya sendiri. Menurutnya ketika Yesus Kristus telah menerima kematian, maka semua hal juga akan diungkapkan.

Salah satu misteri yang menujukan keajaiban tersebut adalah terkoyaknya Tirai.

Dari ulasan di atas, kita bisa simpulkan bahwa mujizat Yesus benar-benar nyata. Tidak hanya pada saat Ia masih hidup, tetapi juga ketika saat Dia mendekati ajal.

Loading

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *